Tanya – Jawab

Dihimpun oleh:

Dr. Rudy Salan
Mantan Kepala Pusat Penelitian Penyakit Tidak Menular
Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan
Departemen Kesehatan Republik Indonesia

 

Apa itu Immunocal ?

Immunocal adalah suatu protein tambahan yang berisi Cystine dalam keadaan padat.

Dari zat dasar apa Immunocal dibuat ?

Immunocal adalah protein yang diambil dari bagian susu yang dalam Bahasa Inggris disebut dengan Whey. Oleh karena itu Immunocal disebut juga dengan Milk Serum (WHEY) Protein Concentrate. Whey adalah cairan susu yang terdapat pada proses pembuatan keju. Whey berisi Milk Serum Concentrate (WPC) yang berguna untuk meningkatkan secara nyata pembuatan antibodi (zat yang aktif dalam proses kekebalan tubuh). Whey ini berisi Cystine.

Apa itu Cystine ?

Cystine terdiri dari dua molekul Cystein yang digandeng secara kimiawi melalui sulfhidril. Molekul kemudian dipecah sewaktu menembus dinding sel menjadi dua molekul cystein. Cystein merupakan senyawa pemula (precursor) dari pembentukan Glutathion (Glutathion Precursor).

Apa guna Cystine dalam tubuh ?

Cystein termasuk zat yang labil dan cepat memecah diri menjadi zat lain sebelum masuk ke dalam sel. Dalam bentuk Cystine, zat ini secara alamiah terdapat dalam tubuh manusia. Cystine adalah zat yang melalui Cystein akan membentuk Glutathion (GSH) dalam sel darah limfosit (sel darah putih yang khasiatnya meningkatkan kekebalan tubuh).

Mengapa tidak menelan Glutathion saja yang merupakan zat aktif dalam meningkatkan kekebalan tubuh ?

Glutathion bila ditelan begitu saja tidak dapat menembus dinding sel. Untuk dapat bekerja, Glutathion harus berada di dalam sel-sel tubuh. Oleh karena itu, menelan Glutathion tidak ada manfaatnya.

Apakah Glutathion (GSH) secara alamiah terdapat dalam tubuh kita ?

Ya, dalam semua sel tubuh. Konsentrasi yang tertinggi terdapat di dalam sel hati (liver). Bila sel limfosit memerlukannya dalam jumlah yang banyak (misalnya pada saat kita bekerja keras, sedang sakit, dan sebagainya), maka sel-sel ini akhirnya akan kekurangan GSH. Dengan adanya tambahan GSH dari Immunocal bukan saja akan meningkatkan konsentrasi GSH dalam sel-sel, tetapi juga membentuk persediaan GSH dalam sel-sel ini, yang dapat bertahan untuk waktu yang lama.

Apakah ada zat-zat lain yang diperlukan Glutathion untuk dapat bekerja secara efektif ?

Ya, ada tiga macam protein, yaitu :

  1. Serum Albumin
  2. Alfa Lactalalbumin
  3. Lactoferin

Ketiga protein ini labil sekali dan mudah terurai bila susu dipanaskan. Melalui proses khusus dan rumit serta telah dipatenkan, ketiga protein ini dapat dipertahankan dalam Immunocal. Protein ini penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Apa hubungan ketiga protein ini dengan Air Susu Ibu (ASI) ?

Di dalam ASI, konsentrasi ketiga protein ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan air susu sapi. Dengan demikian Glutathion dapat bekerja lebih efektif. Dengan meminum Immunocal seakan-akan kita pada umur dewasa masih mendapat keuntungan dari air susu ibu.

Apa gunanya Glutathion (GSH) ?

Glutathion berguna untuk :

  1. Memperbaiki dan mempertahankan sistem kekebalan tubuh.
  2. Meningkatkan produksi antibodi.
  3. Mempunyai efek anti-oksidan dan anti radikal bebas (free radicals).
  4. Melakukan detoksifikasi (menghilangkan racun) dari zat-zat yang dapat membuat kanker (zat karsinogen). Ada 12 jenis zat karsinogen yang dapat didetoksifikasi (dinetralisasi) oleh GSH. Daftar tersebut dapat diperoleh melalui permintaan.
  5. Pada orang yang sudah lanjut usia, kadar GSH menurun terutama pada penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, Katarakta mata, dan Arteriosklerosis (dinding pembuluh darah menjadi kaku).
  6. Glutathion juga membentuk kembali vitamin C dan E yang telah dioksidasi. Oleh karena itu GSH berperan penting dalam khasiat vitamin C dan E.

Kapan radikal bebas terbentuk dalam tubuh kita ?

  1. Bila kita menjadi tua. Proses penuaan terhadi karena adanya radikal bebas.
  2. Bila tubuh kita terkena sinar ultraviolet.
  3. Bila tubuh kita kemasukan zat-zat polusi (pollutant), seperti debu, asap kendaraan, asap pabrik, limbah air, makan makanan yang terkena insektisida, dan sebagainya.

Mengapa Immunocal penting bagi mereka yang mau menunaikan ibadah haji ?

  1. Mereka yang menunaikan ibadah haji biasanya sudah dewasa atau sudah berusia lanjut. Pada usia lanjut biasanya kekebalan tubuh sudah menurun. Oleh karena itu mereka memerlukan makanan tambahan (supplement) untuk meningkatkan kekebalan tubuh mereka.
  2. Karena mereka sudah lanjut usia, biasanya oksidan atau radikal bebas relatif banyak, sehingga mereka memerlukan Immunocal untuk menetralisasi keadaan tubuh.
  3. Banyak di antara mereka menderita batuk-batuk karena debu dan polutan lainnya. Dengan menggunakan Immunocal mereka dapat meningkatkan kekebalan terhadap polutan ini.
  4. Immunocal merupakan zat protektif terhadap zat-zat perusak seperti radikal bebas dan oksidan.
  5. Kita tahu bahwa penyakit kanker tertentu menyerang mereka yang sudah lanjut usia. Immunocal dapat setidak-tidaknya mencegah terjadinya kanker pada orang lanjut usia.
  6. Immunocal adalah suplemen protein yang halal dan banyak dikonsumsi di negara-negara Arab.

Berapa kandungan Immunocal dalam satu sampul/sachet ?

Satu sampul berisi 10 gram Immunocal mengandung Cystine, yang setara dengan kandungan cystine dalam 5 (lima) liter susu sapi murni.

Apakah Immunocal telah menjalani uji klinis ?

Ya, uji klinis sudah dan masih dilakukan di berbagai negara di seluruh dunia, seperti di New Scotia Cancer Center, Kanada; University of Munich, Jerman; Rumah Sakit King Khalid, Saudi Arabia; beberapa lembaga ilmiah di Amerika Serikat seperti Harvard University; Jepang dan sebagainya. Hal ini membuktikan bahwa Immunocal dapat dipertanggungjawakan secara ilmiah dari segi medis. Hasil-hasil uji coba ini telah diterbitkan dalam majalah-majalah ilmiah ilmu kedokteran dan biologi internasional. Hingga kini Immunocal telah didukung oleh lebih dari 19 tahun penelitian.
Catatan : efek dari Immunocal ditemukan pada tahun 1978 oleh Dr. Gustavo Bounous dan Dr. Patricia Kongshavn dari Mc Gill University di Montreal, Kanada dan dikembangkan lebih lanjut oleh para peneliti manca negara.

Apakah Immunocal sudah terdaftar di Departemen Kesehatan Republik Indonesia ?

Ya! Immunocal telah terdaftar di Departemen Kesehatan RI sebagai makanan kesehatan / nutrisi dari luar negeri dengan nomor pendaftaran ML 364516001034.

Diambil dari :
Buku Pedoman PT Immunotec Profarmasia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s